Jumat, Juni 12, 2009

SENSASI RASA BURGER RAKSASA

SUKSES selalu datang dari tangan-tangan kreatif dan inovatif. Dan kreativitas serta inovasi itu kadang lahir dari inspirasi setelah melihat hal-hal yang ada di sekeliling. Itu pula yang terjadi pada Hendra, pria muda kreatif yang sukses berkat inspirasi uniknya.
Lelaki ini sekarang sukses sebagai usahawan kuliner, berjualan burger. Tapi bukan burger biasa, tapi burger yang memiliki keunikan serta kekhasan sendiri sehingga menarik minat dan rasa ingin tahu masyarakat.
Burger Raksasa, itu nama yang Hendra berikan untuk kedai makanannya yang ada di sudut Jalan Pancing simpang menuju kampus Universitas Negeri Medan (Unimed). Sesuai namanya, Burger Raksasa memang sebuah kafe yang menjual burger dengan ciri khas berukuran raksasa!
Memang, burger kreasi Hendra berukuran lebih dari yang biasa dijual. Saking besarnya, satu biji tak akan mampu dihabiskan satu orang melainkan harus oleh dua orang.
“Itu memamg perbedaannya, dan itu sebuah strategi bisnis. Kalau ingin produk kita diminati, kita harus membuat hal yang berbeda dari biasanya. Maka itu saya terinspirasi untuk membuat burger dengan ukuran besar,” kata Hendra.
Dan benar saja, keunikan makanan yang dihidangkan Hendra itu langsung menarik minat masyarakat terutama kalangan mahasiswa dan pelajar yang memang banyak terdapat di kawasan tersebut. Baru dibuka pada awal Maret 2009 lalu, kini dia sudah memiliki sembilan orang karyawan dengan omset usaha lebih dari Rp 20 juta per bulan. Cukup lumayan untuk sebuah usaha yang terbilang baru.
Lalu, dari mana Hendra mendapatkan ide untuk membuat burger ukuran jumbo itu?
Rupanya, ia terinspirasi kreativitas mahasiswa di Bandung. kebetulan, pada 1996 dia kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan baru kembali ke Medan pada 2007.
“Pada dasarnya saya hanya terinspirasi oleh usaha jualan burger anak-anak Bandung yang sudah demikian meluas. Bahkan ada yang hingga memiliki ribuajn gerobak burger,” katanya.
Namun dia mengaku tidak meniru total usaha anak-anak Bandung tersebut. Namun dengan kreativitasnya, dia membuat suatu bentuk dan citarasa baru dari burger, hingga jadilah burger ukuran jumbo tadi.
Kini kafe Burger Raksasa milik Hendra jadi tempat nongkrong favorit anak sekolah atau mahasiswa. Di kafe yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 23.00 WIB tersebut, dia menjual aneka ukuran burger serta citarasanya yang harganya terjangkau bagi pelajar dan mahasiswa. Burger biasa dia jual dengan harga Rp 5.000, burger anak raksasa Rp 8.000 dan burger raksasa seharga Rp 11.000. Tak hanya itu, Hendra juga menyuguhkan burger isi buah, aneka jus dan soft drink.
Seorang pelanggan, Dwi Febrina Sari yang siswi SMA Al-Ulum Jalan Tuasan yang dekat lokasi kafe tersebut, mengaku dia dan teman-temannya hampir tiap hari mampir ke sana demi merasakan nikmatnya burger kreasi Hendra.
“Burger di sini memang lebih gurih dari burger lain. Saya paling suka burger anak raksasa dan pisang bakar coklat. Lagipula harganya juga gak terlalu mahal,” ujar Dwi.
Menurut Hendra lagi, yang paling banyak diminati memang burger anak raksasa, karena tidak terlalu besar. “Sedangkan yang raksasa dipastikan tidak akan habis jika dimakan sendiri dan biasanya dimakan berdua,” ujar anak kedua dari empat bersaudara ini.
Ke depan, dia berharap bisa lebih mengembangkan usahanya ini. Dia akan sangat senang, jika ada pemilik modal yang mau menjalin kerja sama untuk membuka cabang baru di kawasan ring road. Karena menurutnya, kawasan seperti itu lebih bebas dan leluasa dilalui kendaraan.
Tapi yang jelas, bagi Anda yang penasaran dan ingin menikmati sensasi beda menyantap sajian Burger Raksasa, silahkan saja dating ke sana. Dijamin puas! (**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar