Sabtu, Mei 09, 2009

BINAHONG, HERBA BERKHASIAT LUAR BIASA


BINAHONG (Anredera cordifolia ) adalah tanaman herba dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dan lain-lain.
Di kawasan Asia Tenggara, tumbuhan menjalar dan mencapai panjang hingga 5 meter ini merupakan konsumsi wajib penduduk Vietnam ketika melawan invansi Amerika, namun sayangnya tanaman ini masih sangat jarang di daerah Indonesia.
Di Medan sendiri, tanaman ini masih sangat asing. Namun Binahong sudah dapat dijumpai di kebun tanaman obat-obatan milik Mak Inten di Pasar Satu Tengah Kelurahan Tanah 600 Kecamatan Medan Marelan.
“Seluruh bagian tanaman ini berkasiat, mulai dari akar, batang dan daunnya. Pemanfaatanya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya,” kata Mak Inten.
Seorang pemerhati tanaman obat-obatan, Ratna, mengatakan khasiat Binahong sangat besar untuk anti oksidan. “Untuk luka bakar, atau setelah operasi, tanaman ini bias digunakan. Khasiatnya terbukti, tidak ada bekas luka atau cacat,” ujar istri dokter ini.
Dia pun mengungkapkan, buah Binahong bisa dijus dan airnya diminum untuk mengobati luka dalam. “Bahkan penduduk China sering menggunakannya untuk campuran makan mie,” ungkapnya.
Berdasarkan literature, khasiat Binahong lainnya adalah untuk melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah, mencegah stroke, maag, asam urat, menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh, wazir (ambeien), melancarkan buang air kecil, buang air besar, diabetes dan lain-lain. Kasiat tambahannya adalah untuk mengobati sariawan berat, pusing-pusing dan sakit perut.
Manfaat tanaman ini sudah dipetik Soejiyo, mantan karyawan Kanindotex yang biasa nglaju Kini Binahong bisa menjadi salahsatu koleksi tanaman pekarangan, atau bagi pembudidaya bisa dikembangkan untuk usaha tanaman berkhasiat obat. Apalagi tumbuhan ini mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan perbanyakan melalui biji atau secara vegetatif melalui akar rimpangnya. (**)

1 komentar:

  1. bagi perusahaan herbal yang membutuhkan umbi/buah binahong,saya bisa sediakan kontinew 1minggu 2kw,hubungi saya di 082136164925,bb2719d0cc,antowidy25@yahoo.com
    buah binahong
    buah binahong
    buah binahong

    BalasHapus