Sabtu, Mei 09, 2009

SIRIH HITAM UNTUK CUCI DARAH


SIRIH (Piper betle L atau Chavica aurculata Miq), tumbuhan merambat yang sangat popular di masyarakat Indonesia. Banyak dijumpai di halaman rumah, sifatnya mudah ditanam dengan cara stek bisa tumbuh di tempat panas maupun terlindung.
Selama ini, masyarakat mengenal aneka jenis sirih seperti sirih hijau, sirih merah, sirih temu urat, dan yang belakangan banyak dicari adalah sirih hitam yang masih termasuk tanaman langka khususnya di Sumatera Utara.
Sirih hitam selama ini banyak ditemui di kawasan Kalimantan atau Bali. Sementara di Sumatera Utara, belum pernah ditemui jenis tumbuhan ini walau sudah banyak yang mencarinya. “Banyak masyarakat yang datang ke saya, mencari sirih hitam. Termasuk sinshe-sinshe. Tapi kemana pun dicari, belum pernah ditemui,” kata Sarinten, pembudidaya tanaman obat-obatan.
Karena itu, Mak Inten berinisiatif menghubungi kenalannya di Bali meminta dikirimi tanaman itu. Baru datanglah 10 pot tanaman sirih hitam, dan sudah dijual di arena pameran tanaman. “Karena masih baru dan langka, harganya memang masih mahal, Rp 150 ribu per pot,” ujar Mak Inten.
Tapi wajar, karena di kawasan Jakarta dan sekitarnya tanaman ini dihargai Rp 25 ribu per helai daun. Atau Rp 50-60 ribuan per pot dengan sekitar 6-8 helai daun. Ini juga dikarenakan pertumbuhan yang lambat.
Pembudidayaan sirih hitam sama seperti sirih merah. Namanya saja sirih hitam, tapi sebenarnya batang dan daunnya tidaklah hitam tetapi hijau gelap, dengan helai daun tuanya sangat kaku/keras.
Tanaman ini belakangan banyak dicari, karena khasiatnya yang lebih dari sirih biasa. Sirih hitam bisa digunakan untuk cuci darah, asma, bronchitis, batuk rejan, dan darah tinggi. “Caranya menggunakannya, tiga helai daun dicuci bersih, diracik lalu direbus dan air rebusannya diminum,” jelas Mak Inten.
Mak Inten mengembangkan tanaman ini di kebun tanaman obat-obatannya di Pasar Satu Tengah Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan. “Ya, ini untuk menambah koleksi tanaman obat-obatan yang saya kembangkan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya. (**)

1 komentar: